- Pelayanan menuju tempat tujuan
- Pelayanan di tempat tujuan
Terdapat golongan aktivitas usaha pokok, dalam arti hampir semua perusahaan perjalanan harus mempunyai usaha pokok ini. Bentuk aktivitas usaha pokok ini terdiri atas :
1. Informasi Perjalanan
Perusahaan perjalanan harus mampu menyiaapkan pelayanan informasi yang menyangkut keperluan mencapai tujuan perjalanan dan informasi yang menyangkut daerah tujuan perjalanan. Informasi perjalanan yang baik hendaknya dapat memenuhi ketentuan-ketentuan sebagai berikut :
a. Bentuk informasi harus konvergen (memusat)
b. Informasi merupakan langkah awal dari pemesanan
c. Isi informasi harus tepat/benar, lengkap dan masih berlaku
a. Bentuk informasi harus konvergen (memusat)
b. Informasi merupakan langkah awal dari pemesanan
c. Isi informasi harus tepat/benar, lengkap dan masih berlaku
Hal-hal berikut ini merupakan pertanyaan-pertanyaan yang sering disampaikan kepada perusahaan perjalanan, menyangkut informasi tentang :
a. Jenis angkutan : darat, laut dan udara
b. Harga/biaya/tariff yang menyangkut fasilitas perjalanan termasuk cara-cara perhitungannya
c. Jadwal (time table/schedule)
d. Peraturan yang menyangkut dokumen perjalanan
e. Karantina dan kesehatan
f. Iklim dan cuaca
g. Mata uang
h. Akomodasi dan restoran
i. Sightseeing, excursion dan paket tour
j. Entertainment
k. Program dan ruter perjalanan
a. Jenis angkutan : darat, laut dan udara
b. Harga/biaya/tariff yang menyangkut fasilitas perjalanan termasuk cara-cara perhitungannya
c. Jadwal (time table/schedule)
d. Peraturan yang menyangkut dokumen perjalanan
e. Karantina dan kesehatan
f. Iklim dan cuaca
g. Mata uang
h. Akomodasi dan restoran
i. Sightseeing, excursion dan paket tour
j. Entertainment
k. Program dan ruter perjalanan
Dari permintaan tersebut diatas dapat dikatakan seorang informan perusahaan perjalanan selain harus professional dibidangnya, dia perlu juga memperhatikan faktor-faktorsebagai salesman, karena pemberian informasi ini sebagai awal dari langkah penjualan.
2. Memberikan saran Program Perjalanan
Perusahaan perjalanan memberikan saran kepada orang yang mengadakan perjalanan tentang acara/program perjalanan atau tout itinerary, apakah mengenai perjalanan biasa ataupun perjalanan wisata dengan gambaran tentang fasilitas wisata, tempat tujuan serta hal-hal lainnya yang diperlukan oleh pejalan atau traveler.
3. Menjual Tiket
Tiket diartikan sebagai suatu dokumen perjalanan tertulis atau tercetak yang menyatakan bahwa orang yang namanya tertera dalam dokumen tersebut berhak untuk menerima pelayanan perjalanan yang sesuai dengan apa yang tertulis dalam dokumen tersebut.
Menjual tiket dapat berbentuk penjualan tiket berjadwal atau penjualan tiket borongan(Booking Group). Jenis-jenis tiket yang dijual oleh perusahaan perjalanan adalah sebagai berikut :
Menjual tiket dapat berbentuk penjualan tiket berjadwal atau penjualan tiket borongan(Booking Group). Jenis-jenis tiket yang dijual oleh perusahaan perjalanan adalah sebagai berikut :
1. Tiket Penumpang / Tiket Transportasi
a. Tiket Perusahaan Penerbangan
- Internasional
- Nasional
- Regional
- charter
b. Tiket Kapal Laut
- Tiket Kapal Penumpang
- Tiket Kapal Pesiar (cruise Ship)
c. Tiket Kereta Api
d. Bus/Mini bus, Taxi charter
- Tiket transfer service
>Terminal service
>Intercity Service
- Tiket Tour
a. Tiket Perusahaan Penerbangan
- Internasional
- Nasional
- Regional
- charter
b. Tiket Kapal Laut
- Tiket Kapal Penumpang
- Tiket Kapal Pesiar (cruise Ship)
c. Tiket Kereta Api
d. Bus/Mini bus, Taxi charter
- Tiket transfer service
>Terminal service
>Intercity Service
- Tiket Tour
2. Tiket Non Penumpang a. Tiket kegiatan olehraga
b. Tiket pertunjukan kesenian
c. Tiket produk perusahaan perjalanan lain
b. Tiket pertunjukan kesenian
c. Tiket produk perusahaan perjalanan lain
4. Mengurus Akomodasi
Akomodasi merupakan usaha yang perlu dipertimbangkan karena permintaan yang tinggi dan keuntungan yang besar. Sebagai perantara perusahaan perjalanan hanya meneruskan pemesanan dan pembayaran konsumen kepada perusahaan jasa akomodasi.
Sering orang menyebut usaha pengurusan akomodasi sebagai usaha pemesanan kamar hotel, karena dilihat bahwa langkah awal dari usaha ini adalah melakukan kegiatan reservasi.
Untuk keperluan usaha pengurusan akomodasi ini perusahaan perjalanan mengeluarkan travel voucher / hotel voucher. Oleh karena itu ada juga yang menyebut kegiatan usaha ini sebagai kegiatan usaha penjualan travel voucher/hotel voucher.
Travel voucher / hotel voucher merupakan suatu dokumen yang dikeluarkan oleh perusahaan perjalanan yang menyatakan permintaan kepada hotel untuk menyiapkan pelayanan sesuai dengan apa yang tercantum dalam dokumen tersebut kepada pemegang voucher.
Sering orang menyebut usaha pengurusan akomodasi sebagai usaha pemesanan kamar hotel, karena dilihat bahwa langkah awal dari usaha ini adalah melakukan kegiatan reservasi.
Untuk keperluan usaha pengurusan akomodasi ini perusahaan perjalanan mengeluarkan travel voucher / hotel voucher. Oleh karena itu ada juga yang menyebut kegiatan usaha ini sebagai kegiatan usaha penjualan travel voucher/hotel voucher.
Travel voucher / hotel voucher merupakan suatu dokumen yang dikeluarkan oleh perusahaan perjalanan yang menyatakan permintaan kepada hotel untuk menyiapkan pelayanan sesuai dengan apa yang tercantum dalam dokumen tersebut kepada pemegang voucher.
Proses pembuatan voucher ini dimulai dengan adanya kesepakatan terlebih dahulu antara hotel dengan perusahaan perjalanan. Konsumen merasa senang mengurus masalah akomodasi kepada perusahaan perjalanan karena :
- Memperoleh kemudahan untuk mendapatkan akomodasi, meskipun pada musim ramai (high Season)
- Memperoleh harga yang jauh lebih murah dari pada mengurus secara langsung oleh konsumen sendiri.
5. Pengurusan Perjalanan Wisata ( Leisure )
Pada saat sekarang ini kegiatan usaha pengurusan perjalanan wisata merupakan kegiatan yang memberikan keuntungan yang cukup besar, beberapa perusahaan perjalanan malah membuat kegiatan ini sebagai kegiatan utama perusahaan perjalanan mereka.
Termasuk dalam kegiatan usaha ini adalah upaya perusahaan perjalanan membuat:
- Ready Made Tour yaitu tour yang sudah dipersiapkan oleh perusahaan perjalanan dan ditawarkan sebagai produk jadi mereka kepada calon konsumen.
- Tailor Made tour yaitu tour yang dibuat berdasarkan permintaan khusus wisatawan.
Article yg bermanfaat, mohon Izin gan mau posting di web kami www.zahratourandtravel.com, kami akan mencantumkan alamat web info Pariwisata , mohon balasannya.. Terima kasih
BalasHapusSalam Sukses,
Zahra Tour & Travel
HP : 08118582727
www.zahratourandtravel.com